Tutorial Foto Jadul dan Efek lama


Tutorial Foto Jadul dan Efek lama
Saat ini sudah banyak jenis kamera yang menjanjikan hasil-hasil foto yang tentunya dengan kualitas yang baik. Apa kita pernah berfikir tentang hasil kamera dimasa lalu ( hasil kamera lama ) tentunya akan sangat bebeda sekali bukan? Hasil foto kamera lama tentunya , gambar hitam-putih, banyak noise dll. Tapi menurut  saya disitulah tempat seninya.
Nah kali ini saya ingin memberikan tutorial bagaimana mengubah foto kamera masa kini dan kita akan ubah menjadi hasil foto kamera dahulu. Ya
ng pasti keren dan enggak sulit. Berhubung tutorial yang kita bahas yakni tentang foto tentunya kita akan menggunakan software pengolah foto yang sudah handal, apa lagi kalo bukan Photoshop. Kali ini saya akan menggunakan Photoshop CS3, tapi kalo teman-teman punya  CS… yang lain juga bisa kok.
Oke langsung aja, jangan buang-buang waktu.

1.       1.  Langkah pertama: siapkan foto yang akan anda gunakan sebagai kelinci percobaan, fotonya terserah anda bebas menurut selera anda. Kali ini saya ingin menggunakan foto seorang teman saya.
2    2.   Langkah kedua: silahkan teman-teman membuaka software dan buka foto yang akan kita gunakan sebagai kelinci percobaan, setelah di buka ubah mode gambar menjadi hitam putih.
Dengan cara: pilih tool menu Image - Adjustment - Desarture  ( Shift+Ctrl+U ).
Hasilnya:
3.       3. Setelah itu kita beri effek Film Grain
Caranya: Menu Utama pilih Filter - Filter Gallery - Film Grain
Setting:
-Hasilnya :
4. Texture gambar akan menjadi kasar dan tentunya banyak noisenya.
4.       Sekarang tinggal kita memberi sentuhan terakhir yang akan menjadikan foto terkesan KUNO/JADUL
Caranya: Menu Utama pilih Image - Adjustment - Hue/Saturation
Setting:
Hasilnya :

Saya cukupkan tutorial kali ini, besok kapan-kapan kita lanjutin lagi dengan tutorial-tutorial yang lainya. Semoga tutorial ini dapat bermanfaat dan TRIMA KASIH.










0 comments:

Post a Comment