Surat AL-FALAQ ( WAKTU SUBUH )





Surat AL-FALAQ ( WAKTU SUBUH )
Surat ke-113: 5 ayat
Diturunkan di Mekah






Arti:
Dengan menyebut nama Allah yang maha pengasih, maha penyayang
ALLAH PELINDUNG DARI SEGALA KEJAHATAN
1.       Katakanlah “Aku berlindung kepada Tuhan yang menguasai subuh ( fajar ),
2.    Dari kejahatan ( makhluk yang ) dia ciptakan,
3.    Dan dari kejahatan malam apabila telah gelap gulita,
4.  Dan dari kejahatan ( perempuan-perempuan ) penyihir yang meniup pada buhul-buhul ( talinya ),
5.   Dan dari kejahatan orang yang dengki apabila dia dengki.”
Mukaddimah:
Surat ini terdiri atas 5 ayat, termasuk golongan surat-surat Makkiyah, diturunkan sesudah surat Al Fiil. Nama Al Falaq diambil dari kata Al Falaq yang terdapat pada ayat pertama surat ini yang artinya waktu subuh. Diriwayatkan oleh Abu Daud, At Tirmizi dan An Nasa-i dari 'Uqbah bin 'Aamir bahwa Rasulullah s.a.w. bersembahyang dengan membaca surat Al Falaq dan surat An Naas dalam perjalanan.

Pokok-pokok isinya:
Perintah agar kita berlindung kepada Allah s.w.t. dari segala macam kejahatan.
Sama seperti surat sebelumnya, yang menyuruh kita untuk selalu meminta perlindungan dari segala macam kejahatan baik secara langsung maupun secara tidak langsung ( melalui perantara setan atau jin ) surat ini juga menjelaskan kita untuk selalu berlindung kepada Allah Swt.
Sebenarnya kita ini bias apa jika tidak ada Allah Swt, Dia selalu melihat apa saja yang kita kerjakan apa saja yang kita rasakan, apa saja yang kita inginkan. Allah itu maha mengetahui dan maha kaya, jadi apa salahnya kita untuk meninta dan memohon perlindungan dan apa-apa saja yang kita inginkan. Siapa tahu jika kita akan mati dalam usia 78 tahun, bias saja kita akan mati di umur kita masih sangat kecih, di usia yang masih sangat lucu. Itu semua adalah rahsaia Allah Swt.
Jadi kenapa kita bisa menjadi menyombongkan diri dengan apa yang kita miliki, belum tentu juga apa yang kita akan miliki sekarang bias kita miliki besok. Maka dari pada itu mari kita untuk berbenah diri sebelum kita terlambat untuk berubah, mari kita memohon perlindungan  dari Sang pencipta langit dan bumi, dari sang pencipta alam semesta serta jagat raya yaitu Allah Swt. Semoga kita bias mengambil hilmah dari apa yang kita telah lakukan.
Sekian postingan ini Wassalamualaikum Wr.Wb. 

0 comments:

Post a Comment