SEBAGIAN ULAMA KIBAR BERGURU KEPADA WANITA



Banyak sekali para ulama sejak zaman sahabat sampai saat ini yang berguru pada wanita, di antaranya adalah:
1.   Ali bin Abi Tholib رضي الله عنه
Siapa yang tidak mengenal Ali bin Abi Tholib رضي الله عنه? Siapa yang   tidak  mengenal   kedekatannya dengan Rosululloh صلي الله عليه وسلم. Bukankah dia adalah ahlul bait sekaligus menantunya? Dan siapa pula yang tidak mengenal ilmu dan hikmahnya? Meskipun demikian, dia pernah berguru kepada seorang wanita yaitu Maimunah binti Sa'd seorang pelayan Rosululloh صلي الله عليه وسلم.
2.   Imam Malik bin Anas رحمه الله
Dia pernah berguru dan meriwayatkan hadits dari Aisyah binti Sa'd bin Abi Waqqosh.
Berkata al-'Ijli: "Dia adalah seorang wanita dari kalangan tabi'in asal kota Madinah dan dia adalah seorang yang tsiqoh."
3.   Imam Ahmad bin Hanbal رحمه الله
Beliau meriwayatkan hadits dari Ummu Umar binti Hasan bin Zaid ats-Tsaqofi
4.   Al-Hafidz Ibnu Asakir رحمه الله
Di zamannya, beliau adalah seorang yang paling terpercaya dan paling luas pengetahuannya dalam bidang ilmu hadits. Beliau berguru pada seribu dua ratus ahli hadits, di antara gurunya tersebut terdapat delapan puluh lebih wanita.
5.   Imam Dzahabi رحمه الله
Adakah kehormatan yang lebih bagi seorang wanita, dibandingkan dengan tatkala seorang imam sebesar Imam Dzahabi, harus menyesal tatkala tidak sempat menimba ilmu darinya? dialah Ummu Muhammad Sayyidah binti Musa al-Mishriyyah.
Cermatilah kisah Imam Dzahabi ini: "Saya sudah bepergian demi menemuinya, ternyata beliau meninggal dunia saat saya masih berada di Palistina pada bulan Rojab tahun 695 H."
Imam Dzahabi juga berkata: "Saya sangat ingin bertemu dengannya, maka saya pun berangkat menuju Mesir, dan sepengetahuanku bahwa beliau masih hidup, ternyata tatkala saya masuk Mesir, beliau telah meninggal dunia sepuluh hari yang lalu, beliau meninggal dunia pada hari Jum'at 6 Rojab dan saat itu saya masih berada di lembah Fahmah."
Dan masih banyak di antara pembesar ulama lainnya yang menimba ilmu dari kaum wanita, misalnya Imam Ibnul Qoyyim, Ibnu Hajar, al-Mundziri dan lainnya.


sumber : wanita-wanita pengukir sejarah islamiah
ustadz ahmad sabiq bin abdul lathif abu yusuf خفظه الله

0 comments:

Post a Comment